Menu

LOKAKARYA REVIEW & REVISI DOKUMEN RKU/RKT

Leave a comment

samanta.id , Senin (25/19) Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan atau yang lebih dikenal dengan Kemitraan (Partnership) merupakan sebuah organisasi multipihak, mengadakan kegiatan lokakarya pendampingan penyusunan Rencana Kerja Usaha (RKU) / Rencana Kerja Tahunan (RKT) di Hotel Fave Mataram Lombok.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat  Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari sampai 27 Februari  2019.

Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 30 peserta yang terdiri dari perwakilan Dinas Kehutanan Provinsi NTB, Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) wilayah Bali Nusra, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan Penyuluh KPH, Koperasi dan Kelompok Tani Hutan (KTH) di provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan ini merupakan tindak  lanjut dari Peraturan Menteri LHK No. 83/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2016 mengenai kewajiban pemegang HPHD (Hak Pengelolaan Hutan Desa), IUPHKm (Izin Usaha Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan) dan IUPHHK-HTR (Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Hutan Tanaman Rakyat) dan Kemitraan Kehutanan menyusun Rencana Kerja Usaha (RKU) Hutan Kemasyarakatan dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) serta menyampaikan pelaksanaannya kepada pemberi hak atau izin.

Pada kegiatan ini disampaikan pula perkembangan Perhutanan Sosial (PS) oleh Ir. MADANI MUKAROM, B.Sc.F selaku Ketua Pokja Percepatan Perhutanan Sosial (PPS) Provinsi NTB. Dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat MUI (Label Halal) Produk kepada KTH, Suli Asli Desa Aik Berik, Titian Rinjani Desa Lantan, dan Industri Mete Maju Bersama Desa Batu Jangkih, oleh Kepala Dinas Kehutanan.

Acara berikutnya adalah Coaching Clinic Penyusunan Draft  RKU/RKT yang dipandu oleh Suwito dan Apri DS selaku Kepala Seksi Penyiapan Kawasan dan Usaha Perhutanan Sosial BUPSHA Wilayah Bali Nusra, yang bertujuan menghasilkan Draft  Dokumen RKU/RKT dari setiap pemegang izin PS dan teridentifikasinya Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) di areal kerja IUPHKm/IUPHHK-HTR/HPHD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *