KUNJUNGAN TIME VERIFIKASI KEMENTRIAN LHK

HUTAN UNTUK RAKYAT

Masyarakat  Gumantar Hidup Senang Dan Tenang …!!!

SAMANTA- Time Verifikasi dari kementrian LHK  Jakarta bersama KPH Rinjani Barat dan Samanta selaku LSM pendamping melakukan kunjungan dalam rangka mendukung program perhutanan sosial khususnya skema Kemitraan Kehutanan yang di usulkan oleh Gapoktan Sangapati Desa Gumantar, (14/8/2018).

“Masyarakat Gumantar membentuk Lembaga MA yang diberi nama Gapoktan Sangapati memiliki pungsi didalam pengelolaan hutan yang ada di Desa Gumantar” ujar Putradi /Ketua Gapoktan Sangapati.

Lanjut Putradi menyampaikan “Lestari Hutannya Makmur Rakyatnya artinya masyarakat Gumantar dri dulu sudah banyak melakukan kegiatan penggarapan didalam kawasan sebelum kawasan di usulakan menjadi Kemitraan Kehuatann jelas Putradi”.

Sebelum  dilaksanakannya kerja sama kemitaran  dan penandatanganan NKK tim Verifikasi dari Kementrian LHK, perlu mengecek kembali kelengkapan dokumen data anggota yang  sesuai lampiran yang ada didalam Naskah Kerja Sama Kemitraan (NKK)  sesuai  yang di usulkan.

Luas lahan 370,72 Ha dengan jumlah anggota penggarap  278 orang dan terbagi menjadi 7 blok, setelah dilakukan Verifikasi Teknis ini nantinya hasilnya sesuai dengan kesepakatan dan penandatangan NKK segera dilakukan.

Selanjutnya NKK tersebut dikirimkan ke DIJEN PSKL untuk diproses lebih lanjut dan NKK tersebut memiliki payung hukum dan dapat diterapakan setelah dikeluarkannya surat Pengukuhan dan perlindungan Kemitraan Kehutanan oleh Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Crt-Moh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *