“Lokakarya Pembentukan Kelompok Usaha”

IMG_6412
"Herman_ (Pendamping Lapangan) Memberikan Penjelasan pada Peserta Lokakarya"

Foto_”Herman_ (Pendamping Lapangan) Memberikan Penjelasan pada Peserta Lokakarya”

Pada Hari Senin dan Selasa Tanggal 10 – 11 April 217 yang lalau Yayasan Masyarakat Nusa Tenggara (SAMANTA), melalui Program  “Kemakmuran Hijau” yang dilaksanakan oleh Samanta berkerja sama dengan Kemitraan dan didukung oleh MCA-I, melakukan kegitan Loka Karya Pembentukan Kelompok Usaha dimana lokakarya tersebut dilakukan di 2 Desa diantaranya, Dusun Pemotoh Tengak Desa Aik Berik dan Dusun Lantan Daye Desa Lantan, Kecamatan Batu Kliang Utara Kabupaten Lombok Tengah.

Dimasing-masing desa peserta lokakarya sebanyak 30 orang yang berasal dari keluarga petani hutan kemasyarakatan di Wilayah Kecamatan Batu Kliang Utara, Lombok Tengah. Dalam pertemuan tersebut ada beberapa poin penting yang dibahas bersama di lokakarya pembentukan kelompok sebagai berikut, 1. Kepastian  Akses Control pengelolaan sumberdaya hutan, 2. Tata Kelola Hutan yang baik (good forest management) dan  3. Kemandirian Usaha Ekonomi.

Lokakarya pembentukan Kelompok Usaha yang ini menjadi salah satu strategi untuk optimalisasi proses-proses pemberdayaan perempuan (kaum hawa) yang harapannya, kedepan kelompok usaha inilah yang menjadi daya jungkit untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Untuk itu, diperlukan pendampingan yang optimal dan berkelanjutan dengan semata-mata agar kelompok usaha ini nantinya lebih berdaya, dari yang dulunya masyarakat kurang trampil menjadi meningkat lebih terampil dalam pengetahuan berkelompok, dari yang belum pernah berkelompok menjadi dapat bergabung bersama-sama dalam berkelompok, dari belum mampu menyuarakan hak-haknya menjadi mampu menyuarakan hak-haknya di dalam berkelompok.

Hal ini senada dengan konsep program “Kemakmuran Hijau” yang di lakukan oleh Samanta menurut Bapak Ecang selaku (Pendamping Lapangan), “pemberdayaan ibu-ibu sebagai cermin upaya untuk meningkatkan kemampuan suatu wilayah untuk mampu berbuat sesuatu dalam menjunjung harkat dan maratabat mereka dalam meningkatkan pendapatan ekonomi melalui lokakarya pembentukan kelompok usaha ini dan memiliki sikap tanggung jawab dalam berkelompok. (Moh_ samanta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *